-->

Thursday 15 May 2014

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Dikarenakan kita selalu membutuhkan orang lain maka sudah seharusnya kita saling tolong menolong. Sudah seharusnya kita selalu rukun dengan siapa saja. Rukun dengan tetangga, rukun dengan keluarga dan juga rukun dengan orang-orang yang berada di lingkungan kita.
Kita harus saling membantu. Kita harus saling tolong menolong. Dengan saling membantu dan juga tolong-menolong, pekerjaan kita yang berat akan menjadi ringan. Tujuan utama dalam pembiasaan hidup rukun adalah  terciptanya kedamaian, saling menghormati, menghargai dan menyayangi.
Menghormati kepada yang lebih tua. Menghargai sesama. Dan menyayangi kepada yang lebih muda. Rukun dimanapun dan kapanpun. Rukun di dalam keluarga, rukun di sekolah dan juga rukun di masyarakat
Tahukah  nama-nama orang yang tinggal di sekitar rumah kita? Apakah kita sudah mengenal mereka? Tetangga adalah keluarga di sekitar rumah kita. Tetangga harus dijadikan saudara dekat. Kita tidak dapat hidup sendiri
kita butuh bantuan orang lain. Keluarga dekat kita adalah tetangga.
Dengan tetangga kita harus hidup rukun. Menjalin hubungan baik dan kerja sama. Tetangga mungkin saja berbeda asal suku dan agama dengan keluarga kita. Meskipun berbeda sudah seharusnya sebagai saudara terdekat dengan kita, kita saling membantu tanpa melihat perbedaan yang ada.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :