-->

Thursday 12 February 2015

pada postingan kali ini kami akan sedikit menjelaskan fungsi dari Posyandu,
sebelum kita membeberkan fungsi dan manfaatnya kita mungkin perlu sedikit tentang pengertian dari posyandu

pengertian POSYANDU

posyandu ini bisa dijelaskan merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (BUKM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Pelayanan kesehatan dasar di Posyandu adalah pelayanan kesehatan yang mencakup sekurang – kurangnya 5 (lima) kegiatan, yakni 
Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), 
Keluarga Berencana (KB), 
Imunisasi, Gizi, 
dan Penanggulangan Diare.

 Tujuan Posyandu :

1.      Tujuan Umum :

Menunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Anak Balita (AKABA) di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat.
2.      Tujuan Khusus :
  1.   Meningkatnya peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar, terutama yang    berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA.
  2. Meningkatknya peran lintas sektor dalam penyelenggaraan Posyandu, terutama berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA.
  3. Meningkatnya cakupan dan jangkauan pelayanan kesehatan dasar, terutama yang berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA.
  4. Membudayakan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera)
  5. Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.
  6. Menghimpun potensi untuk berperan serta secara aktif meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu, bayi, balita dan keluarga.
Manfaat Posyandu :

1.      Bagi Masyarakat.
  • Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA
  • Memperoleh layanan secara profesional dalam pemecahan masalah kesehtan terutama terkait kesehatan ibu dan anak.
  • Efisiensi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar terpadu dan pelayanan sosial; dasar sektor lain yang terkait.

2.      Bagi Kader, Pengurus Posyandu dan tokoh Masyarakat.
  • Mendapatkan informasi terlebih dahulu tentang upaya kesehatan yang terkait dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA
  • Dapat mewujudkan aktualisasi dirinya dalam membantu mesyarakat menyelesaikan masalah kesehatan terkait dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA.

3.      Bagi Puskesmas
  • Optimalisasi fungsi Puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pelayanan program primer dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat primer.
  • Dapat lebih spesifik membantu masayarakat dalam pemecahan masalah kesehatan sesuai kondisi setempat.
  • Mendekatkan akses pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat.

4.      Bagi sektor lain
  • Dapat lebih spesifik membantu masyarakt dalam pemecahan masalah kesehatan dan sosial dasar lainnya, terutama yang terkait dengan upaya penurunan AKI, AKB dan AKABA sesuai kondisi setempat
  • Meningkatkan efisiensi melalui pemberian pelayanan secara terpadu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing – masing sektor. 
untuk situasi sekarang ini di lingkungan kami sangat sekali dibutuhkan untuk pembangunan bangunan atau tempat untuk menopang kegiatan posyandu , dimana failitas posyandu yang sekarang ada bangunan sudah sangat parah ,,, atau bisa di bilang tidak bisa dipergunakan

maka dari itu kami mengajak untuk meningkatkan kesadaran dan kebutuhan dalam memelihara kesehatan karena kesehatan itu sendiri merupakan anugrah yang tak ternilai harganya




Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :