-->

Tuesday 17 February 2015

RUKUN TETANGA DAN RUKUN WARGA

Pada postingan kali ini saya sengaja bikin postingan tentang pengertian RT dan RW merujuk pada PerBub atau peraturan Bupati  No: 67 tahun 2011 tentang RT dan RW , tapi sebelumnya membahas pada arti atau pengertian dari RT dan RW ada sedikit yang perlu diketahui peran serta dari RT dan RW merupakan kegiatan yang paling bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan menjadi lembaga mitra pemerintahan desa.


Dalam penyelengaraan kegiatan pemerintah , Desa dan kelurahan memiliki apa yang disebut dengan Lembaga Kemasyarakatan yang di bentuk oleh masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat. Rukun Tetanga (RT) dan Rukun Warga (RW) sebagai lembaga mitra pemerintahan pemilihan atau Musyawarah yang kemudian ditetapkan oleh kepala desa atau lurah. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai RT dan RW berdasarakn Peraturan Bupati NO 67 Tahun 2011 tentang RT dan RW.



PENGERTIAN RT DAN RW
  • RUKUN TETANGGA, untuk selanjutnya disingkat RT atau sebutan lainnya adalah lembaga yang di bentuk melalui musyawrah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintah dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh (pemerintah desa) kepala desa / lurah.
  • RUKUN WARGA untuk selanjutnya disaingkat RW atau sebutan lainnya adalah bagian dari wilayah kerja kepala desa / lurah dan merupakan lembaga yang dibentuk  melalui musyawarah pengurus RT (dan atau pemilihan) di wilayah kerja nya yang ditetapkan oleh (pemerintah desa atau kelurahan) Kepala desa atau lurah 

di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian RT dan Rw untuk kita kita lihat apakah di dalammya ada anggotanya , dalam kutipan ini ada angota rukun warga dan angota rukun tetangga.

Anggota Rukun warga adalah Rukun tetangga-rukun tetangga yang di wakili oleh pengurus rukun tetngga .

Anggota Rukun tetangga adalah penduduk setempat yang terdaftar pada kartu keluarga yang di wakili oleh kepala keluarga.

untuk penjelasan pengertian RT dan RW Saya sendiri sudah di jelaskan dan mengutip dari pedoman dan perbud yang ada.
Adapun tugas dan fungsi RT dan  RW silahkan buka lampiran posting selanjutnya...karena mungkin saat ini sudah mulai sore dan harus bersiap sholat magrib.






Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

0 komentar :